Senin, 19 Juni 2023

MENULIS SETIAP HARI

 

Oleh: Euis Nurmayanti

Resume ke-1
Gelombang ke-29
Materi: Menulis Setiap Hari
Hari/Tanggal : Senin, 19 Juni 2023
Narasumber : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd.
Moderator : Raliyanti

Syahdunya malam serta rintikan hujan yang membuat suasana malam semakin hening. Ditemani secangkir susu, membuat tubuh ini terasa lebih berenergi. Semangat yang tak pernah padam untuk selalu belajar dan menjadikan diri ini lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Puji syukur kehadirat yang Maha Kuasa, pada malam ini saya mendapat kesempatan untuk bergabung dalam Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Pertemuan ke-1, Gelombang ke-29. 

Pada pertemuan pertama ini, yang bertindak sebagai  moderator yakni Ibu Raliyanti, dan narasumber Bapak Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd. dengan materi pembelajaran Menulis Setiap Hari. Kelas ini dimulai pada pukul 19.00 secara daring via WA Grup KBMN.

Kegiatan menulis merupakan kemahiran berbahasa yang keempat. Kemahiran yang pertama adalah mendengar, kedua berbicara, ketiga membaca, dan yang terakhir atau keempat adalah menulis. Keterampilan berbahasa adalah kekuatan nalar berlogika dengan runtut. Membiasakan diri menulis setiap hari akan membuat kita terbiasa dan apabila kekurangan ide untuk menulis kita bisa melakukan hal lain seperti membaca, menonton film, ataupun pergi ke suatu tempat lalu menceritakan pengalaman tersebut lewat tulisan. Bahkan dari hal-hal yang ada di sekitar kita pun bisa menjadi ide untuk sebuah tulisan.

Hal terpenting dalam kegiatan menulis adalah konsisten. Konsisten setiap hari dapat menulis walau hanya tiga paragraf yakni pembuka, isi, dan penutup. Bagi pemula, kegiatan menulis akan terasa cukup sulit, karena belum terbiasa dengan kegiatan tersebut. Oleh karena itu, wajib membiasakan diri  konsisten dengan kegiatan menulis meskipun hanya 500 kata setiap harinya dan lihat hasilnya, itulah pepatah yang diutarakan oleh Omjay pada malam ini.

Rasa percaya diri perlu ditumbuhkan, rasa malas perlu dihilangkan, semangat menulis harus dikembangkan niscaya tulisan-tulisan kita akan mendapat apresiasi dari para pembacanya. Komitmen yang tinggi untuk menulis harus ditanamkan dalam hati dan pikiran supaya lahir tulisan-tulisan yang bermanfaat dan bermakna bagi para pembacanya. 

Tetap semangat, percaya diri, dan konsisten dalam kegiatan menulis. 


4 komentar: