Jumat, 30 Juni 2023

Teknik Menulis pada Situs Berita Melintas.id

 


Pertemuan ke-6

Gelombang 29

Hari/Tanggal : Jumat, 30 Juni 2023

Pukul : 19.00

Judul : Teknik Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id

Narasumber : Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd.

Moderator : Arofifah Afifi, S. Pd.


Malam ini merupakan pertemuan keenam dalam kelas pembelajaran online KBMN dengan judul materi Teknik Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id. Materi pembelajaran malam ini langsung disampaikan oleh Pimpinan redaksi portal berita melintas.id Bapak Brian Prasetyawan. 

Teknik Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id ini merupakan materi perdana yang disampaikan KBMN, materi yang sangat ditunggu-tunggu oleh para peserta KBMN, supaya buah penanya bisa tersebar luas, dapat menghibur, dan memberikan banyak informasi dan manfaat bagi para pembacanya.

Melintas.id lahir pada tanggal 11 Mei 2023. Ide pembuatan media online tersebut lahir dari salah satu peserta KBMN gelombang 27 yang bernama Ahmad Fatchudin. Tujuan didirikannya situs ini untuk memberikan nilai tambah bagi anggota KBMN PGRI. Baik dari segi pengalaman, pengetahuan, maupun secara finansial. Sebagian besar peserta KBMN PGRI terdiri dari guru, kepala sekolah, pengawas, dan semua yang bekerja dibidang pendidikan. 

Situs portal melintas.id, berada ditengah ekosistem media yang mumpuni dan terpercaya. Terbukti dengan pengelolaan IT melintas.id di bawah pengawasan Promedia, yang merupakan pemegang hampir seribu situs portal berita di seluruh Indonesia. 

Melintas.id menyediakan sepuluh menu rublik yang bisa disesuaikan dengan minat masing-masing peserta diantaranya:

1. Pendidikan

2. Sastra

3. Parenting

4. News

5. Religi

6. Sekolah

7. Literasi

8. Olah raga

9. Opini

10. Ragam (kuliner, traveling, kesehatan, budaya)

Berikut ini cara mengirim tulisan ke melintas.id

  1. Tulisan mengandung nilai berita, peristiwa, atau opini.
  2. Tulisan diketik di microsoft word minimal 400 kata, maksimal 1.000 kata
  3. Pada bagian akhir tulisan, sertakan nama lengkap, biodata maksimal tiga kalimat, nomor telepon (WhatsApp). 
  4. Setiap paragraf maksimal 2 kalimat.
  5. Wajib menyertakan gambar. Lampirkan dalam email. Pastikan ukurannya minimal 700 x 350 pixel. 
  6. Gambar diberi keterangan (caption) dan sumber. Tuliskan pada file word artikel di bagian akhir.  Disarankan menggunakan foto hasil dokumentasi sendiri.
  7. Judul email diisi dengan judul tulisan dan nama penulis (judul tulisan_nama penulis). Kirim ke email melintas.2023@gmail.com
  8. Tulisan yang dimuat di melintas.id, link artikelnya akan dikirimkan melalui balasan email.

Ketentuan konten:

1. Tulisan tidak menyinggung SARA, menjatuhkan/menghina pihak tertentu, mengandung fitnah/hoax.
2. Tulisan karya sendiri dan belum dipublikasikan di media manapun. Tidak menjiplak karya orang lain. Plagiarisme maksimal 20%.
3. Penulis bertanggung jawab penuh terhadap isi konten dan membebaskan redaksi dari konsekuensi hukum jika timbul permasalahan dari penulisan konten.
4. Redaksi berhak mengatur atau mengedit konten, menyunting judul untuk menyesuaikan dengan gaya melintas.id.
5. Redaksi melintas.id tidak menerima tulisan seputar infotaiment/selebritis. Namun jika mengandung nilai pendidikan/parenting, bisa diterima.
6. Jika redaksi menilai tulisan kurang pas untuk ditayangkan di melintas.id, maka akan diberitahukan melalui balasan email.

Terdapat dua kategori penulis melintas.id
1. Penulis lepas
Penulis yang tidak bergabung di grup WA melintas, tidak ada target jumlah tulisan, mengirim lewat email
2. Penulis Tetap
Penulis yang ingin bergabung dengan melintas.id. Siap mengikuti aturan dan memenuhi target jumlah tulisan. Serta mendapat peluang honor, jika melintas.id sudah mampu menghasilkan pendapatan.

Jenis Jenjang Penulis Tetap Melintas.id:

a. Calon Content Creator (CC)
Peserta yang baru bergabung, akan masuk di grup KBMN. Nama peserta selaku penulis akan menumpang dulu dengan nama editor. Nama peserta tertulis sebagai contributor.
Diberi target menulis minimal 15 tulisan dalam 1 bulan. Jika dapat memenuhi, akan naik jenjang menjadi Content Creator (CC). Jika tidak memenuhi, akan dikeluarkan dari grup, dan menjadi penulis lepas saja. 

b. Content creator (contributor)
Jika sudah memenuhi syarat 15 tulisan, akan masuk di grup baru yaitu Author dan CC melintas. Penulis resmi menjadi CC Melintas.id. Namun nama peserta selaku penulis masih menumpang dengan nama editor. Maka, supaya bisa memiliki profil nama sendiri di melintas, harus menjadi author. Syarat menjadi author, mampu menulis minimal 15 tulisan.
 
c. Author
Jika sudah mencapai jenjang author, peserta sudah menjadi penulis seutuhnya di melintas.id. Penulis memiliki profil nama sendiri, dan tidak menumpang nama editor. Nama penulis tercatat dalam database CMS melintas.id. Namun, harus menulis minimal 20 tulisan setiap bulan. Jika tidak memenuhi, maka akan diturunkan kembali jadi kontributor.

Berdasarkan beberapa hal tersebut, semua tulisan yang masuk pada portal melintas.id tidak dapat ditayangkan secara langsung tulisannya, karena harus melawati proses pengecekan oleh editor. Waktu tunggu tayang tulisan pun bisa dengan hitungan jam bahkan berhari-hari.

Siapkan ide cemerlang supaya dapat menulis di melintas.id, dengan beragam rublik yang telah disediakan. Tetap semangat, percaya diri, dan pantang menyerah, supaya menjadi penulis handal dan buah penanya selalu dinantikan oleh para pembacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar