Jumat, 23 Juni 2023

TEKNIK PENULISAN RESUME


 

Resume ke-3

Gelombang 29

Hari/Tanggal : Jumat, 23 Juni 2023

Pukul : 19.00

Narasumber : Raliyanti, S.Sos., S. Kom., M. Pd.

Moderator : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd.


Malam ini pertemuan ketiga dalam Kelas Belajar Menulis Nusantara atau KBMN. Tema pada malam ini yakni Teknik Penulisan Resume dengan Narasumber Ibu Raliyanti, dan Moderator Ibu Sita.

Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena saya diberi kesempatan dapat  bergabung, menimba ilmu, di KBMN Gelombang 29.

Sesuai dengan tema malam ini yakni perihal resume. Menurut KBBI resume adalah ikhtisar atau rangkuman. Materi yang kita dapatkan dalam pembelajaran, dapat kita buatkan resume dengan menggunakan bahasa sendiri dan tanpa menghilangkan inti dari materi yang akan diresume.

Pembuatan paragraf ketika kita membuat resume disarankan pendek-pendek, karena paragraf panjang dapat cepat membuat pembacanya bosan. Selain itu, paragraf yang dibuat harus menggunakan gaya bahasa sendiri, supaya penulis memiliki ciri khas tersendiri terhadap tulisannya.

Pengetahuan yang luas dan rasa percaya diri ketika menulis sangat diperlukan. Akan tetapi, penulis pun harus bersedia menerima segala kritikan yang dilontarkan oleh pembaca. 

"Lebih baik menyimak dulu setiap kritik yang Anda terima, siapa tahu kritik itu bisa membuat Anda lebih besar." —Rupert Murdoch

Kegiatan menulis memang bukan pekerjaan mudah bagi pemula, tetapi alangkah baiknya dengan niat yang kuat, konsisten, dan semangat, hal-hal yang menjadi penghambat akan bisa dilalui dengan mudah. Ketika ingin menjadi penulis handal, penulis pun dituntut untuk selalu belajar, dan memiliki tulisan di berbagai blog atau pun media sosial lainnya. Berdiferensiasi dalam kegiatan menulis pun diperlukan, supaya para pembaca tidak merasa bosan membaca dan mengunjungi blog penulis.

Menulis di berbagai platform blog yang berbeda juga dapat menanamkan mental penulis, sehingga mudah beradaptasi dan memberi perubahan serta variasi yang berdiferensiasi.

Setelah penulis melakukan resume, lalu muncullah pertanyaan, apakah hasil resume dapat dijadikan sebuah buku?

Menurut pemaparan Ibu Raliyanti, resume yang telah penulis buat bisa dijadikan sebuah buku dengan beberapa tahapan berikut ini:

1. Membuat daftar isi

2. Memilih resume

3. Copas Dab lalu pindahkan ke Ms Word

4. Rapikan

5. Cari dan kirim ke penerbit

Setelah melalui langkah-langkah tersebut, maka hasil resume yang dibuat oleh penulis bisa diproses dan dijadikan sebuah buku.

Dengan demikian, ketika penulis memutuskan akan membuat resume, sangat penting baginya untuk memahami semua materi yang akan diresume. Setelah itu, pemahaman tersebut bisa dituangkan ke dalam sebuah tulisan melalui berbagai platform blog yang dimiliki.

Tetaplah belajar, berproses, hingga akhirnya menjadi sukses.

Terima kasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar