Selasa, 11 Juli 2023

MENGATASI WRITER'S BLOCK

 


Pertemuan ke -7

Gelombang 29

Hari/tanggal : Senin, 10 Juli 2023

Pukul : 19.00

Judul : Mengatasi Writer's Block

Narasumber : Ditta Widya Utami, S.Pd. Gr.

Moderator : Ahmad Fathudin


Malam ini merupakan pertemuan ke-7 pada kegiatan KBMN Gelombang 29 . Banyak peserta yang menunggu kegiatan tersebut. Semangat yang tidak pernah surut guna menyerap ilmu yang diberikan oleh narasumber. Pertemuan malam ini diberi judul Mengatasi Writer's Block. Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, para peserta bersiap diri menyiapkan segala kebutuhan yang dapat menunjang kelas daring tersebut. Mulai dari kudapan, ketersediaan baterai gawai yang akan digunakan, kesegaran tubuh, dan lainnya.

Kegiatan menulis merupakan kegiatan menuangkan ide pikiran sang penulisnya. Menulis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001:986) adalah melahirkan pikiran atau perasaan. Menulis berarti menuangkan ide pikiran sang penulis ke dalam bentuk tulisan. Dengan demikian, maksud dan isi pikiran penulis dapat diketahui oleh para pembacanya. Kegiatan menulis dan membaca sangat bermanfaat bagi kita semua. Kegiatan menulis menuangkan isi pikiran sedangkan kegiatan membaca dapat memperbanyak pengetahuan, dengan membaca berarti kita sedang menggunakan sudut pandang penulisnya.

Penulis sejati diharapkan dapat konsisten pada kegiatan tersebut, dan memiliki banyak cara untuk mengatasi segala rintangan yang dihadapi. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga penulis akan menghadapi berbagai rintangan ketika akan menulis, mulai dari alasan malas, takut salah, sibuk, writer's block, dan banyak hal lainnya sehingga penulis tidak bisa menyelesaikan tulisannya. 

Menurut Wikipedia Writer's Block merupakan sebuah keadaan ketika penulis merasa kehilangan kemampuan menulis atau tidak menemukan gagasan baru untuk tulisannya. Hal tersebut sangat berbahaya apabila tidak segera diatasi. Writer's Block dapat menyerang siapa pun, mulai dari penulis senior, junior, bahkan penulis profesional pun dapat terkena virus tersebut. Sama halnya dengan flu yang dapat menyerang siapa pun. Dari pernyataan tersebut muncullah pertanyaan, berapa lama seseorang bisa terkena virus tersebut?

Virus Writer's Block ini bisa menyerang dalam hitungan detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, bahkan bertahun-tahun. Alasan dan cara mengatasi seseorang terjangkit virus Writer's Block pun beragam. Sama halnya dengan mengobati sebuah penyakit, beda penyakit akan berbeda pula obat yang akan digunakan.  Banyak cara untuk mengatasi virus tersebut, salah satunya dengan memberikan hak kepada tubuh kita untuk rileks, refresh, dan mengaktifkan semua panca indera kita. Sejenak untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa meningkatkan mood menjadi lebih baik. 

Terus semangat, percaya diri, pantang menyerah, konsisten dan menyingsingkan segala hal yang dapat menyebabkan kita tidak menuangkan ide pikiran ke dalam sebuah tulisan, maka hal tersebut harus segera diatasi dan mendapatkan perhatian penuh supaya tidak berkelanjutan dan tidak berdampak fatal.

Tetaplah belajar, dan nikmati prosesnya.

Terima kasih


Minggu, 02 Juli 2023

Sambutan Wali Kelas IX

 Assalamualaikum w.w

Salam sejahtera untuk kita semua

Siswa Siswi kelas IX SMP Makna Bakti Tahun Ajaran 2022/2023 yang Ibu banggakan. 

Tiga puluh lima siswa kelas IX. Terdiri dari lima belas siswa laki-laki dan dua puluh siswa perempuan. Wajah ayu nan rupawan kalian, masih terbersit diingatan. Beragam karakter yang dimiliki, membuat suasana kelas menjadi hangat. Bak sinar mentari yang menyinari dunia dan memberikan kehangatan juga memberikan berjuta manfaat bagi penduduk bumi.

Ibu melihat antusias belajar kalian yang luar biasa. Datang ke sekolah dengan wajah semangat nan bahagia untuk menyambut dan menerima materi yang diberikan oleh para guru, dan kini semua pembelajaran telah dilalui kalian dengan baik. 

Semoga kalian bisa mengimplementasikan hasil pembelajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Taat terhadap ajaran agama, berbakti kepada orang tua, dan patuh pada peraturan, di mana pun kalian berada.

Ilmu tanpa agama adalah lumpuh, agama tanpa ilmu adalah buta.—Albert Einstein

Ilmu dan agama satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. 

Puji Tuhan kini kalian sudah berada di jenjang sekolah yang lebih tinggi. Teruslah belajar dan mengukir prestasi dengan penuh semangat, hingga kalian dapat menggapai sesuatu yang dicita-citakan.

Barang siapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.—Soekarno

Kalimat motivasi tersebut menyadarkan kita, betapa pentingnya sebuah perjuangan yang harus dilakukan untuk meraih sesuatu yang indah dan berharga. Semangat yang membara, dan mental baja perlu digaungkan. 

Selain itu, tetaplah menjaga tali silatutahmi dengan keluarga dan kerabat, karena merekalah harta sesungguhnya untuk kita semua.

Dengan demikian, berakhir sudah indahnya kebersamaan kita yang sudah dilalui setahun lamanya. Kenangan tersebut, masih tersimpan dalam memori ingatan. Waktu jualah yang telah memisahkan kebersamaan kita. Kebersamaan yang telah kita lalui, membuat kita saling mengenal, memahami dan menyayangi. 

Terima kasih sudah memberikan kenangan indah dan hadir menjadi keluarga besar SMP Makna Bakti.

Wassalamualaikum w.w